Tips Mendesain Apartemen Anda

Diposting oleh Admin | 2/08/2009 11:14:00 PM | , | 0 komentar »

Adanya keterbatasan lahan dan ritme kehidupan masyarakat di kota yang berdetak kencang membuat pemilihan apartemen menjadi sebuah solusi. Namun itu semua diperlukan suatu trik untuk mendesainnya.

Sejumlah perusahaan properti membangun apartemen di daerah strategis, di pusat kota maupun kawasan pinggiran di seluruh penjuru mata angin. Kelasnya pun beragam, mulai penthouse, premium, standar, hingga rusunami.

Mengingat keterbatasan lahan, penataan interiornya perlu diperhatikan. "Keterbatasan lahan membuat tiap jengkal ruang di dalam apartemen sangat berharga. Memilih furnitur yang lebih kecil dari ukuran standar akan menghemat ruang, tetapi tetap fungsional, demikian pendapat arsitek Imelda Akmal.

Pemilihan furnitur memang paling penting. Mungkin tidak perlu sampai "menyingkirkan" furnitur primer, hanya harus diakali bentuknya. Dalam kondisi seperti ini, furnitur built in bisa menjadi solusi.

Furnitur built in adalah furnitur yang dibuat khusus seukuran dengan ruang yang ada agar terlihat rapi. Di samping itu, konsep built in juga memungkinkan penggunaan ruang secara maksimal karena memanfaatkan setiap jengkal ruang. Misalnya, lemari pakaian built in dapat memanfaatkan lebar dan tinggi dinding hingga mencapai langit-langit sehingga didapatlah ruang penyimpanan yang lebih besar.

"Lemari model built in tidak hanya untuk menyimpan pakaian, juga perlengkapan lain seperti seprei, selimut, tas, bahkan sepatu," kata Imelda, yang telah menerbitkan belasan buku tentang dunia arsitektur dan interior.

Selain itu, furnitur modular (wadah besar dengan berbagai ruang simpan) akan menghemat tempat untuk storage. Ya,di bawah kursi ada lemari penyimpan sepatu atau majalah. Di bawah tempat tidur bisa diletakkan buku atau benda-benda yang mungkin memakan tempat. Tidak kalah penting adalah menciptakan ilusi luas dengan trik pencahayaan, warna, hingga pemilihan lantai yang tepat.

Menurut arsitek dan kontraktor dari Mitra Graha Asri Mandiri, Wisnu Brata, mengatakan perihal pencahayaan yaitu, "Semakin banyak cahaya yang mengalir melalui sebuah ruang akan membuat ruang tersebut terlihat lebih besar. Untuk itu, penting mempertimbangkan memasang beberapa skylight. Terutama untuk area kamar mandi, ruang tengah, dan dapur karena skylight memiliki kekuatan untuk menghadirkan dimensi yang luas dan terang pada sebuah ruang,"

Penggunaan tirai yang dapat dimaksimalkan bukaan juga akan sangat membantu. Mengganti tirai bergantungan kain yang berat dengan bahan yang lebih ringan bisa menghadirkan cahaya yang mengalir antara dua ruangan. Penggunaan glass block juga membantu menciptakan privasi serta tetap menimbulkan perasaan ruang yang terbuka dan transparan.

Kecil bukan berarti tidak bisa artistik. Coba tata bidang dinding dengan hiasan berupa artwork dan lukisan. Ini akan sangat berguna dalam menciptakan dimensi ruang sehingga menghasilkan efek yang ingin kita ciptakan. Pilihlah lukisan atau foto bersama anggota keluarga. Jadi, kuncinya di sini adalah menggunakan aksesori minimal, tetapi tetap mendapatkan efek yang diinginkan pada ruangan tersebut.

Selain itu, cermin juga merupakan senjata paling mutakhir untuk memperluas ruang. Cermin bukan hanya mampu menciptakan ilusi, juga membantu menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Bookmark and Share

0 komentar

Baca Artikel Lain Yang Berhubungan