Tips Memilih Apartemen

Diposting oleh Admin | 1/16/2009 10:40:00 PM | , | 0 komentar »

Saat ini sudah semakin banyak bermunculan apartemenapartemen yang cukup mewah dan tersebar di beberapa kota besar. Nah, apakah Anda berminat untuk membeli atau menyewa sebuah apartemen? Berikut beberapa tip memilih sebuah apartemen:

1. Pastikan batas-batas unit apartemen Anda karena hal ini penting untuk menentukan tanggung jawab dan hak Anda dalam menempati area apartemen tsb. Misalnya permukaan plafon, lantai, dsb. Bila terdapat kerusakan dari area tsb maka hal tsb merupakan tanggung jawab Anda.

2. Ketahuilah bagian-bagian mana yang merupakan kepemilikan bersama atau sering dikenal sebagai common property dan hal ini tentunya berbeda-beda antara apartemen satu dengan yang lain. Misalnya fasilitas listrik, telepon, PAM, kolam renang, dsb.

3. Anda harus dapat mengetahui Building Management Consultant apartemen tsb. Artinya bahwa suatu apartemen harus memiliki suatu building management yang mengetahui seluk beluk apartemen tsb. Biasanya dapat dilihat dari adanya tenaga-tenaga yang khusus untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terkait dengan apartemennya misalnya di kamar mandi Anda mengalami kebocoran atau kerusakan lainnya. Anda tidak dapat memperbaiki sendiri dan harus melapor kepada pihak pengelola apartemen tsb. Mengingat bagian-bagian ini merupakan bagian bersama dalam apartemen tsb.

4. Pastikan bahwa apartemen Anda memiliki fasilitas dan infrastruktur yang mendukung misalnya fasilitas darurat bila terjadi kebakaran, tangga darurat bila Anda harus turun sampai ke lantai dasar, dsb.

5. Sesuaikan anggaran Anda dalam membeli/menyewa apartemen. Hal ini penting misalnya kalau Anda hanya memerlukan apartemen yang tidak luas kenapa harus memilih yang lebih. Sisa anggaran Anda dapat dipergunakan untuk keperluan lain misalnya nantinya Anda ingin merubah layout yang ada. Namun perubahan ini harus ada persetujuan dari pihak pengembang apartemen tsb.

Beberapa tip diatas adalah tip yang diberikan secara umum dan tentunya masih ada banyak tahapan yang perlu dipertimbangkan lagi dalam membeli atau menyewa sebuah apartemen.

Bookmark and Share

0 komentar

Baca Artikel Lain Yang Berhubungan