Tips Sukses Memilih Investasi Apartemen

Diposting oleh Admin | 11/21/2012 03:39:00 PM | , | 0 komentar »

Saat ini banyak pengembang (developer) berlomba-lomba membangun apartemen maupun bentuk property lainnya yang bisa menjanjikan buat investasi ke depan. Memang banyak orang pun kemudian mencoba untuk berinvestasi di dunia property yang cukup menjanjikan tersebut karena dapat memberikan profit yang cukup besar.

Seperti judul diatas bahwasannya investasi apartemen dapat memberikan keuntungan yang lebih bila dibandingkan dengan bunga bank dan deposito. Alasannya adalah bahwa si investor akan memperoleh benefit selain bisa memperoleh capital gain berupa kenaikan harga apartemen juga bisa memperoleh income berupa uang sewa secara berkala. Kita lihat sekarang harga apartemen cenderung sudah beranjak naik dari tahun ke tahun.

Dalam memutuskan untuk berinvestasi khususnya apartemen ada beberapa tips yang mungkin dapat dipertimbangkan sebelum membeli, sbb:

  1. LOKASI   -   Faktor lokasi, lokasi, dan lokasi adalah faktor yang cukup memegang peranan penting terhadap kesuksesan berinvestasi properti. Lokasi apartemen yang sangat strategis, dekat dengan pusat bisnis, mall, dan tempat-tempat untuk beraktivitas maka apartemen tsb tentunya menjadi pilihan calon investor yang akan membeli maupun menyewa.
  2. LEGALITAS ( KELENGKAPAN DOKUMEN ) -   Masalah ini tentu harus diperhatikan betul karena menyangkut masalah legalitas. Jangan sampai investasi apartemen tsb bermasalah. Periksa dan jeli terhadap kelengkapan dokumen-dokumennya misalnya Site Plan, IMB, dan status Sertifikat Tanahnya. 
  3. TARGET MARKET -   Bila apartemen disewakan maka lokasi yang dekat dengan target market seperti pekerja asing ( expatriat ), mahasiswa maka pilih lokasi yang dekat dengan perkantoran dan kampus-kampus sehingga investasi kita dapat memberikan nilai sewa yang tinggi.
  4. PENGEMBANG ( DEVELOPER ) -  Pilihlah developer yang memiliki reputasi yang bagus dan qualified. Selain itu developer yang sudah berpengalaman dalam menyelesaikan pembangunan proyek dengan tepat waktu menjadikan nilai tambah untuk dipilih.Ukuran besar kecilnya developer tidak menjamin akan tepat waktunya penyelesaian suatu proyek. Oleh karena itu kita mesti melihat track record si pengembang tsb.  
  5. WAKTU PENYELESAIAN PROYEK  -  Penyelesaian pembangunan proyek yang tidak tepat waktu maka akan memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi.Hal ini karena ada kaitannya dengan faktor eksternal seperti kebijakan ekonomi, situasi politik dsb. Ketepatan waktu penyelesaian proyek menjadikan investor merasa nyaman dan tenang dalam menginvestasikan suatu apartemen yang dibelinya.

Bookmark and Share

0 komentar

Baca Artikel Lain Yang Berhubungan