Tips Membuat Ruangan Agar Lebih Nyaman

Diposting oleh Admin | 4/05/2009 07:54:00 AM | | 2 komentar »

Bila Anda membeli rumah sebagai tempat tinggal yang diisi dengan berbagai perabot mahal atau gaya, sebenarnya bukan hanya itu saja menjadikan tempat tinggal yang nyaman. Namun ada beberapa hal yang ternyata mampu menjadikan rumah menjadi lebih hangat dan nyaman sehingga Anda lebih betah di rumah.

Aromaterapi

Elemen ini disinyalir mampu menenangkan jiwa dan pikiran kita. Saat waktu akhir pekan maka kita gunakan untuk bersantai ria dan beristirahat sambil membaca buku dan nonton TV di sofa panjang. Pasang aromaterapi bakar berbentuk lidi, cone, atau spiral. Bukan hanya ketenangan diri, ruangan pun menjadi harum semerbak. Memang tak semua orang menyenangi wewangian dari aromaterapi bakar atau oil-burning. Saat ini sudah banyak di setiap galeri atau mall menjual beraneka ragam bentuk aromaterapi.

Pilih aroma yang benar-benar lebih tenang dan kalem. Lavender, rose, atau vanilla dapat Anda gunakan pada pagi atau sore hari. Jika ingin lebih fresh aroma buah-buahan seperti citrus, lime, atau berry memberi spirit. Letakkan di bawah meja console atau bakar dalam kotak khusus. Jika Anda tak mau menggunakan semua ini, taburkan potpourri dalam mangkuk kaca atau keramik.

Suara

Jika aroma telah menghiasi ruang, suara ternyata dapat memengaruhi situasi atau suasana ruang maupun jiwa Anda. Biarkan Anda mendengarkan suara-suara yang dapat menenteramkan hati, seperti suara air, hewan, atau gemerincing benda. Semua ini dapat Anda wujudkan dari mini fountain (kolam mungil), memelihara burung, atau wind chimes (hiasan gantung berbunyi).

Tambahkan dengan alunan suara musik. Elemen ini mampu menciptakan suasana hati yang lebih tenang dan terorganisir. Luangkan waktu walau sesaat untuk memutar musik atau lagu-lagu yang mampu membuang pikiran negatif.

Lagu instrumen dari dentingan piano, petikan gitar, atau biola. Pasang speaker mungil di sudut langit-langit ruang atau credensa Anda.

Tekstur

Perabot dan aksesori ruang seperti sofa dan bantal mempengaruhi stimulasi rasa melalui sentuhan tangan atau kaki. Oleh karena itu, jika Anda membeli atau memesan sofa, pilih bahan materi yang bertekstur atau bergelombang. Warna pilihannya tidak usah terlalu ramai, namun warna solid mampu mempertegas dan menyeimbangkan pikiran.

Aksesori ruang seperti bantal, selimut, hingga karpet, pilih juga yang lebih bertekstur dan fancy. Bahan wol, kanvas, atau kain serat cocok untuk kain bantal sofa. Jika ingin menambah bantal mungil di tempat tidur, pilih yang lebih halus satin, thai silk, atau katun muslin. Sementara untuk karpet pilih yang seratnya tebal atau seperti yang sedang tren bertekstur lebih tebal mirip sumbu kompor.


Bookmark and Share

2 komentar

  1. tyo_metal // 24 Juni 2010 pukul 15.06  

    Pendahuluan

    Amerika sudah menerbitkan suatu studi skala dunia dengan menggunakan bahan bangunan: bambu-bambu dan alang alang. Studi mengarahkan untuk memberitahukan ke spesialis, gubernur dan orang desa tentang teknik barunya untuk memperpanjang hidup dengan rumah dari bambu dan alang-alang dan meningkatkan konstruksi mereka. Itu juga mencari untuk merangsang lebih lanjut riset pemakaian bambu dan alang alang.

    Bambu dan alang alang adalah bahan bangunan yang paling tua yang terdapat di dalam daerah pedesaan dan kampung sepanjang daerah-daerah subtropis dan tropis dunia. Dewasa ini untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas rumah di dalam negara berkembang, Para ahli sedang mencari cara yang lebih efektif menggunakan ini sejak zaman dahulu.Sementara rumah dengan bambu dan alang- alang mudah dibangun dan diperbaiki, bambu juga mempunyai sejumlah kelemahan. Ini termasuk kerentanan diserang oleh serangga-serangga, kebakaran dan kebusukan.

    Konstruksi Bambu dan alang- alang cukup populer untuk pertimbangan. karena Bahan ini adalah murah dan berkelimpahan, orang awam dapat membangun rumah mereka sendiri dengan perkakas yang sederhana dengan ketrampilan dan metoda yang diperlukan untuk konstruksi.

    Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk perumahan, bangunan dan perencanaan, mendetil banyak dari metoda-metoda konstruksi tradisional ini , mendiskusikan hasil-hasil dari percobaan-percobaan, dan melaksanakan di dalam banyak negara untuk mengembangkan teknik-teknik baru dalam membangun dengan bambu dan alang- alang ini.

    Pada umumnya, bagian bangunan yang dapat dibuat dari bambu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bahan bangunan lain untuk kegunaan yang sama. Bambu terdapat hampir di seluruh Indonesia. Bambu adalah bahan ramuan yang penting sebagai pengganti kayu biasa bagi penduduk desa. Penduduk desa menanamnya di halaman rumah, pada lereng gunung, sepanjang sungai atau jurang

  2. tyo_metal // 24 Juni 2010 pukul 15.09  

    tergantung karya seni masing2 orang,kebebasan tuk berexperimen..........dan mencoba hal2 baru

Baca Artikel Lain Yang Berhubungan