Tips Mencegah Atap Bocor

Diposting oleh Admin | 2/19/2009 10:30:00 PM | | 0 komentar »


Bila musim hujan tiba, kita cukup direpotkan apabila ternyata menemui kebocoran pada atap rumah. Nah, apa yang perlu kita lakukan agar supaya atap rumah kita terhindar dari kebocoran...? Berikut tips singkat mengatasi atap bocor dibawah ini.

  1. Pilih material atap yang berkualitas. Ada banyak bahan pembentuk atap. PVC, tanah liat, bitumen, metal adalah diantaranya. Dari kesemua material atap tersebut, pilih yang tidak mudah retak, tahan akan panas ataupun terpaan angin. Satu lagi, atap yang baik adalah yang mudah dalam pemasangan, dan tidak menyisakan celah.
  2. Penggunaan talang yang sedikit jumlahnya. Talang juga merupakan elemen atap yang berpotensi menimbulkan kebocoran. Entah karena sistem penyambungnya yang tak baik atau karena materialnya rusak termakan usia. Semakin minim jumlah talang, semakin minim juga potensi kebocorannya.
  3. Sudut kemiringan atap. Ini menjadi penting, karena dengan kemiringan yang tepat, akan memudahkan air untuk mengalir ke bawah. Umumnya kemiringan atap di Indonesia 30°-40°. Namun untuk beberapa kasus, ada atap dengan kemiringan landai.
  4. Minimalkan sambungan. Selain jumlah talang yang sedikit maka atap dengan sambungan minim dapat akan mengurangi kebocoran. Jika terdapat titik-titik pertemuan antar material atap, maka pastikan titik pertemuan itu rapat dan tidak bercelah. Celah dapat menimbulkan kebocoran pada atap.
  5. Gunakan cat pelapis antibocor (water proofing). Dapat diaplikasikan untuk mencegah air merembes melalui pori-pori material atap atau celah-celah kecil yang terdapat pada titik sambungan. Saat ini banyak merk yang berkualitas bagus untuk waterproofing, misalnya Aquaproof, Lemkra, Sika, dsb.


Bookmark and Share

0 komentar

Baca Artikel Lain Yang Berhubungan